Puasa Sambil Menyusui

| | Comments (31)

ayamcuka5tk.th.jpg ilustrasi gambarnya ngga nyambung sama isi postingnya

Engga kerasa udah tanggal 6 Ramadhan aja. Artinya udah 5 hari puasa :) Tahun lalu blas ngga puasa sama sekali karna hamil. Taun ini gue Insya Allah puasa sambil nyusuin Gaga, first time in my life (ciyeh).

Sempet ragu tadinya antara puasa engga, secara ada yang bilang kalo puasa ntar asi bisa berkurang, trus ada juga yang bilang bisa bikin bayi mencret dan kembung, dan ada cerita lain lagi ttg bayi yang ga mau nyusu lagi krn rasa asinya berubah semenjak sang ibu puasa.

Tp seiring dengan info itu, banyak juga yang bilang kalo puasa ngga terlalu berpengaruh sama asi, banyak bayi2 yang tetep sehat dan happy2 aja meski mamanya puasa. Yang penting makanan & minuman mamanya aja yang betul2 dijaga.

Keputusan puasa ini pun setelah menimbang berbagai hal yang patut dipertimbangkan, seperti:

- Resikonya ngga terlalu besar. Gaga udah mulai makan makanan tambahan seperti buah dan bubur susu, jadi kalo tiba2 asi jadi sedikit atau rasa asi aneh gara2 gue puasa, ada cadangan makanan yang gaga bisa makan. Akan lain ceritanya kalo Gaga masih belum makan makanan tambahan, resikonya lebih besar, karna belum tentu dia mau dikasi susu formula disaat asi bermasalah. Kalo umur gaga masih dibawah 4 bulan sih, kayanya gue ngga akan puasa deh.

- Males ngutang puasa. Yang tahun lalu aja masih ada 30 hari, kalo mesti ditambah taun ini 30 hari lagi, jadinya 60 hari dong. Hmmm... kebanyakan aja kali ya.

- Gaga udah 5 bulan dan ngga mempunyai masalah dengan berat badan (mamanya aja yang bermasalah, hihihi).

Karena judulnya asupan makanan harus tetap dijaga, puasa kali ini gue ngga ngurangin makanan sama sekali (kalo dulu kan suka dikurangin dengan harapan agak langsingan di hari lebaran :P), jadi judulnya mindahin waktu makan aja:

Sarapan ---- Tajil
Makan Siang ---- Makan malem
Makan malem ---- Sahur

Trus untuk menjaga cairan tubuh, target minum 2 liter air dan susu kedelai yang kaya protein, hehe.

Trik biar tetep inget minum, di rumah gue sediain air di botol kapasitas 1.5 liter yang harus gue abisin dr waktu berbuka sampe sebelum tidur. Kalo pas mau bobo masih banyak, digeber deh minumnya. Ntar sahur tinggal minum 2 gelas lagi, genap deh 2 liter sehari ;)

Di awal puasa sebetulnya agak bermasalah juga sih asinya, kali pabrik asinya kaget kok ga ada asupan selama sekian jam dr pagi sampe sore. Jadi sempet 2 malem pertama asinya dikit, gaga gelisah terus menjelang tidur, sampe harus ditenangin dengan 20 ml susu formula. Tapi lewat itu, asi back to normal lagi, jadi ngga perlu kasih formula lagi malem2.

Gitu ceritanyaa...
Selamat puasa juga ya buat semua yg sedang menjalankannya juga. Semoga bisa mempertinggi kualitas diri. Amin.

:)

31 Comments

vivi said:

nita..., aku juga puasa nih... Alhamdulillah, gak ada masalah dengan ASI. 2 hari pertama aja, adam klo udah sore gelisah. Tapi sekarang sih udah enggak, malah kemarin sempat "banjir" :)

gre said:

anak saya dari kecil sampe sekarang juga nggak mau saya susui lho... :)

*)Iin said:

sukses puasanya ya nit *dua jempol*...sun sayang juga buat gaga ...*cup cup cup*..btw..masak apa nih hari ini?

Nita said:

Vivi, sempet gelisah juga ya adam 2 hari pertama, persis sama dong ya vi. Iya, kmaren gue juga kayanya banyak banget sampe gaga over-excited, heran, efek puasa apa?

Gre, sama dong sama enda ya.. gaga juga ga mau nyusu sama dia :D

Iin, makasih ya in.. tetap semangat! Masak apa ya hari ini, tumis pokcoy+tahu sama lapis daging kayanya.. hihi, baru rencana, masih bisa berubah nanti ;) Jeng in masak apa?

SyL said:

Hebat pokoknya Mamanya Gaga ;)
Menyusui tapi puasa jalan terus.
Hebat juga bisa disiplin minum air sebanyak itu.
Ciumin Gaga ya.
Kaka Cemara tadi bilang, kalau De Gaga suka main ajrut2an ya, Ma.

t.w. said:

selamet berpuasa juga, teh nita... Insya Allah ntar pas udah gedenya, gaga gak terlalu susah dikenalkan dg bulan Ramadhan... karena sekarang pun sudah mengalaminya kan...

dodi said:

antara isi postingan dengan gambar, saya lebih tertarik pada gambarnya

ihhihihi. *kabur*

*balik lagi*
jangan lupa makan makanan bergizi ketika sahur!

Ayu said:

Wah hebat...puasa sambil menyusui..Met puasa dan semoga sukses puasanya :)

shant said:

wah..ini pola makan yg bener dan cucok untuk ibu hamil dan menyusuli.
kasih jempol buat mama gaga atas gigihnya minum aer segitu banyaknya, gak kembung ya teh nita ?
btw, mitos tentang rasa asi yg brubah terbukti gak tuh ?
minta pendapat papa gaga gih ..hihi

nurul said:

weleh, eta nya 2 liter air? blum ditambah sama susu kedelai, blum ditambah sama nutrisari, blum lagi air kelapa muda, sama air teh 4 gelas meureun ya..heheheh..hiperbolis..

met puasa atuh ya, gw sedih gak bisa shaum nih :(( utang 30 hari bukannya pake fidyah nit?

Nita said:

Mbak Syl, hihi jadi GR nih dibilang hebat, yg penting mah semangat :) Cipikika juga ya buat kaka cemara *mmuah!*

Tiwi, adeu.. penganten baru.. gimana nih shaum nya? Sering keramas subuh2 ya? hihihihi... *cetuk!*

Dodi, klo di imajinasi saya sih ayamnya seenak ayam goreng/bakar colombo yang di sulanjana dod ;)

Ayu, makasih yaa... :)

Shant, sebenernya ga susah kok.. kan 1.5 liter = 6 gelas. Buka puasa aja udah kalap 2 gelas, trus tiap sejam 1 gelas kan ngga kerasa amat :)
Papanya gaga sih belom nyoba, kalo kata ayah gimana? ;)

Nurul, setau gue biar udah bayar fidyah tetap harus bayar utang puasanya juga. Jadi ya masih utang gitu loo... Iya ibu hamil mah jangan puasa, anak bayi aja ngga puasa masak calon bayi disuruh puasa :)

Reti said:

Hebat euy mama Nita puasa sambil menyusui! Gaga will really appreciate it :) Met puasa ya Nit...

tanti said:

Teh Nita masih inget aku nggak ya??wow..aku gagap berita nih ternyata udah ada Gaga:.OK deh Teh Nit,met puasa n menyusui ya..:).Salam untuk mas Enda n Gaga juga.

topan said:

Dulu istri gw 1 hari menjelang melahir aja tidak puasanya,babynya sehat en montok kok.Yg jelas Insya Allah pahalanya tambah berlipat.Salam kenal

Irma said:

Nit, ttg bayar fidyah & qadha, dari sebuah hadist yg shahih yg pernah saya baca, intinya tuh pilih salah satu. Kalo udah bayar fidyah, ga wajib qadha puasa. Tapi kalo mampu bayar puasa, ya ga usah bayar fidyah. Intinya mah, Islam tdk memberatkan. wallahu a'lam bisshawab. :)

roro said:

euhh eta gambar hayammmm....

Nit, setuju sama Irma nih, yang saya tau, utang puasa hanya bisa diqadha dlm taun yang sama, gag bisa ditumpuk2. Kalo sampe puasa berikutnya diperhitungkan kita gag bisa qadha, artinya kita harus fidyah.

Intinya, gag memberatkan kok ;)

Wallahua`lam juga :)

Nia said:

Kalo udah ada makan tambahan, untung bisa puasa, si dede nya ga' bakalan kangen mimi ASI nya hehehe ...

Duuuuuuh eta nya ayam sama sambel nya :yummy:

Yudha said:

dari beberapa dr yg pernah saya tanya, puasa enggak ngaruh banyak tuh sama urusan ASI, jika asi emang banyak yah banyak ajah :D
Yg penting Teh Nit Sehat we
Eh ... Salam dari Ridha & Istrinya :)

bLub said:

teteh, yg gue tau kalo utang taun lalu belum lunas, maka taun depannya mesti dikali 2.

jadi kalau kemaren masih nyisa 2 utang puasa, taun depan jadi 4.

pingsan pingsan deh

ninit said:

teh nita sekeluarga, selamat shaum ya... mohon maaf lahir batin.

ps... blub, kayaknya ngga deh. tetep aja kok, ngga digandain utang shaumnya :) mungkin biar cepet2 dibayar, namanya juga utang :)

rafa said:

ayo semangat puasa nte...

aku juga puasa loh

Ophi said:

Nambahan Wallahu alam nya ah..hehehe

Ro (naha jd bales2an didieu)..kalau qadha puasa saya teh pernah tau ngga mesti di tahun yang sama (baheula malah saya taunya kalo ga taun ini jadi didouble jumlahnya) nah katanya selama orang itu hidup yah utangnya masih bisa dibayar.

Kalau yang nyusuan (naha jd jorox kieu) dan yang hamil emang bener bisa bayar fidyah jadi ngga usah bayar puasanya lagih...begitulah...atau kalau kuat pilih salah satu nya..

Ophi said:

kurang tambahan, iya setuju sama Ninit, jadi kalau tahun ini belum bayar, ngga jadi dua kalinya.. Menurut guru agama mah baheula di Salman hehe..katanya suka ditakut2in double2 supaya pada rajin ganti puasa sebelum taun berikutnya, padahal mah ngga. Begituhhh

sigana alus nya mun aya kultum di blogmuh Nit..hehehe

nita said:

Reti, iya gaga lebih appreciate soalnya skr kalo pulang makan siang gue lebih banyak maen ama dia krn ngga makan siang :)

Tanti, apakabar tantii? Ya inget lah, gue kayanya malah yang ga tau kabar dirimu.. piye, sudah mau kasih gaga temen belum? ;)

Topan, maksudnya tetep puasa gitu ya? Ya syukur dong kalo gitu.. Kadang ada ibu hamil yg bermasalah kalo puasa, dan kondisinya ngaruh ke bayi. Salam buat baby nya ya.. :)

Irma, oh bener gitu ya? Abis saya searching di internet kebanyakan bilang harus dua2nya, ya fidyah ya puasa. Dari temen2 juga pada bilang begitu... Ntar kita ceki2 lagi deh.. Thanks ya neng :)

Teh roro, terima kasih lagi ya teh. Kumaha teh roro puasa ngga hamil begini?

Teh Nia, betul teh.. karna udah makanan tambahan makanya berani coba2, dan ternyata berhasil! :)

Yudha, eh tapi banyak juga lo yang kasih info negatif.. tiap orang kan kondisinya beda2 kali ya, jadi ngga mesti di tiap orang hasilnya sama :) Salam kembali buat ridha dan istri, tos sabaraha putra teh?

Blub, serius eta teh? hmmm... saya mah ikutan yang kata irma aja deh.. :) Nah tu, kayanya bener kata ninit.

Ninit, selamat shaun juga ya buat adhit sama ninit. SIng berkah ah. Aminn.. :)

Rafa, hebat deh rafa dah puasa juga. Cun dulu ah.. *mmuah!*

Ophi, nuhun deui info selengkapna. Kayanya betul ya, 'isu' pendobelan itu buat menyemangati sahaja :) jadi saya teu kedah puasa deui pangintennya, da tos masihan fidyah taun kamari. Hihi.. aduh phi, gue rasa ada lebih banyak blog yang lebih cucok buat bikin kultum. Abdi mah isin aahh.. :)

yanti said:

gue nggak sempet ngalamin puasa sambil nyusuin. kalo pas hamil sih cuma bayar fidyah wungkul secara satu pemahaman jeung Irma ;)

ciphie said:

met puasa ya tehhhhhhhhhh

lebaran di bandung kannn *maksa*

Mellani said:

Mba nita yang budiman perkenalkan saya mellani kemarin aku baca tulisan mba lebaran 2002 atau 2003 di thailand. boleh aku ambil untuk dipublikasikan mau ga mba cerita yang terbaru tentang puasa di sana dan ibadah tarawihnya dan kisah lebarannya..mesjid nya berapa atau apa saja baik peristiwa persiapan menuju lebaran.

cara menulis yang kaya diari seperi udah yang mba tulis ini ga papa

makasih mba semoga sukses dan bahagia selllalu...

wassalam

Mellani said:

mba tolong di respon ke alambimba@yahoo.com ya...thank...salam buat gaga yang lucu smoga sehat selalu

Mellani said:

mba tolong di respon ke alambimba@yahoo.com ya...thank...salam buat gaga yang lucu smoga sehat selalu

hilda said:

Mbak nita..aku kemaren yang ikutan konfrens sama ibu2 wpm..

Btw..sukses ya menyusui sambil puasanya...

atta said:

selamat puasa nita
hari ini udah 2 liter belum minum airnya?

Leave a comment

About this Entry

This page contains a single entry by published on October 10, 2005 12:28 PM.

5 Bulan was the previous entry in this blog.

Baby Blues is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

Powered by Movable Type 4.01