Ke Toko Kacamata Minggu lalu

| | Comments (20)

Ke Toko Kacamata

Minggu lalu bu lin -- senior gue di kampus -- minta anter nyari kacamata anti refleksi, ituuu.. kacamata yg dipake untuk komputer, berhubung mata bu lin belakangan cepat lelah kalo dipake lama2 didepan komputer padahal ada dead line yang harus dikejar. Kebetulan bulan lalu gue baru beli kacamata, berhubung kacamata yang lama ketinggalan di Bandung (pelupa nih nenek..hehe), jadi gue udah sempat survey toko2 kacamata yang murah di bangkok. Sebagai pembanding, sebelum mendatangi toko kacamata yang murah kita nyoba tanya2 dulu di beberapa optikal yang ada di mall World Trade Center. Disana sebetulnya banyak bingkai2 kacamata yang lagi diskon, tapi untuk harga lensa kacamata yang anti-refleksi-dengan-UV-protection sudah fix harganya dan memang cukup mahal. Jadi, berangkatlah kita menuju tujuan utama: toko kacamata murah.

Nama optikalnya: Beautiful Optical, cuman karna lidah orang Thai yang susah nyebut 'llll', umumnya orang nyebut toko ini 'Biutifun Optikal' :) Letaknya deket banget dengan Pantip Plaza (computer city-nya Bangkok) yg sebelahan banget dengan KBRI Bangkok. Sampe sana, seperti biasa toko itu nge-diskon 50% semua frame (emang selalu diskon deh). Pertama2 kita screening dulu, kira2 frame nya oke2 ngga. Setelah selintas terlihat OK baru tanya2 harga lensa yang anti-refleksi-dengan-UV-protection. Ternyata emang harga lensanya disini jauh lebih murah, sekitar 60% nya dari harga di optik mall WTC tadi. Udah gitu pelayannya super-duper ramah dan baik sekali, walaupun bahasa Inggrisnya masih patah2. Ya udah, setelah kira2 cocok dengan harga.. baru deh mulai milih2 bingkai kacamata. Bu lin nyobain sekitar 20 bingkai kacamata, hehehe.. buset banyak amat ya. Semua digeletakin di meja optikalnya.

Buat ngebantu, di optik itu ada cermin meja bolak balik yang ternyata adalah cermin dua arah, yang satu berfungsi sebagai cermin dan yang satunya kamera/monitor dan bisa ngerekam juga. Setiap kali nyoba satu kacamata, si pelayan ngerekam gambar bu lin. Setelah 4 kali lalu ditampilin deh foto bu lin di layarnya, jadi ceritanya pelanggan bisa ngebandingin kecocokan 4 bingkai dengan wajahnya. Bisa juga ditampilin cuman 2 supaya ngebandinginnya lebih mudah. Terus we gitu.. hehehe.. Seru juga ya! Sementara itu, gue masih ter-takjub2 dengan si kamera 2 arah ini
"oh.. barang ini ya, yang dipake buat ngerekam Ayu Azhari, Femy dan Rachel Maryam yang sempet bikin heboh bulan2 lalu".
Apalagi, pas gue sama bu lin lagi iseng2 ngaca di cermin, kita pikir yang bagian cermin ini ngga bisa ngerekam, taunya mas pelayannya masih ngerekamin segala aktifitas nyoba2nya bu lin, dan pas dia balik baru kelihatan deh hasil rekaman di bagian baliknya yang berfungsi sebagai cermin + layar, lengkap dengan gue didalamnya juga. Wih! Kaget kita.. Abis ngga kerasa banget lo (kesannya bakal kerasa nyakar apa ya..hehe) Jadi begidig sendiri lagi deh ngebayangin benda kayak gini ditaro di kamar ganti cewe.

Setelah mendapatkan bingkai terpilih, selanjutnya adalah pemeriksaan mata untuk nentuin kekuatan lensa yang bakal dipasang. Pertama2 pemeriksaan pake alat yang otomatis bisa ngeliat gambaran kasar dari kondisi mata kita. Alatnya kayak mikroskop yang ada di Lab biologi tapi lebih besar. Kita intip disitu, trus keliatan kayak ada gambar pemandangan gitu.. yang asalnya burem (mungkin karna mata gue ngga normal) tapi trus lama2 jadi jelas, gantian mata kiri dan kanan. Abis itu si alatnya ngeluarin kertas (kayak kertas atm) tentang kondisi mata kita, ada gambar lensa mata dan garis2 cahaya persis seperti di pelajaran fisika sma, trus ada keterangan minus atau positifnya, dilaporannya itu juga ketauan apa mata kita ada 'silindris'nya atau engga. Karna laporan dari alat itu masih kasar, habis itu disiapin kacamata untuk ngetest dengan kekuatan lensa sesuai dengan yang ditulis di laporan itu. Dengan kacamata itu, kita disuruh liat angka-angka, huruf-huruf, trus disuruh jalan2.. liat2 tulisan. Untuk bu lin, karna dia perlu kacamata untuk computer jadi dia disuruh baca angka + huruf pada selembar karton yang diletakin pada jarak 50 cm lah, sesuai dengan perkiraan letak layar komputer nantinya. Sambil baca, beberapa kali lensanya diganti dan ditanya mana yang lebih terang sampai akhirnya didapet lensa yang paling enakeun. Dapet deh!

Sudah itu, sebelom lensanya dipotong disesuaikan dengan bingkai kacamata, dilakukan pengecekan letak fokus mata di kacamata. Caranya, bingkai dipake lagi.. trus sama mas2nya letak fokus mata diukur dan ditandain dengan bantuan mistar dan spidol pada kaca. Kaca/lensa asli dari bingkai yg sudah dikasih tanda itulah yang akan jadi pola untuk motong/membentuk lensa berkekuatan yang sesuai dengan hasil pemeriksaan tadi.

Untuk hasil terbaik, iseng2 gue nanyain lensa kacamata yang akan dipotong, memastikan bahwa dari bungkusnya memang lensa itu anti refleksi dan dengan UV protection. Dan benar ternyata saudara-saudara! Satu lempeng lensa itu ukuran aslinya (sebelum dipotong) sekitar sebesar telapak tangan gitu. Gue pikir, karna bentuk bingkainya yang imut, satu lempengan lensa itu bisa muat 1 kacamata (kiri kanan).. hehe..gue mikirnya ala bikin pola baju gitu, tinggal gambar pola bentuk bingkainya..dicukup2in.. kiri..kanan.. trus potong.. Ternyata engga lo, karna lensa itu kan bentuknya cembung dan punya fokus.. jadi satu lempeng itu ya bakal jadi 1 kaca untuk bagian kiri/kanan saja supaya bagian yang dipotong adalah bagian fokusnya, sehingga untuk 1 kacamata akan perlu 2 lempeng. Hehe.. lagian umumnya ukuran kekuatan lensa kiri dan kanan kan berbeda ya.. jadi bagaimanapun memang perlu 2 lempeng *Dasar bodoh!*

Setelah itu, langsung dikerjain sama si mas nya.. kita cuman nungguin 30 menit saja. Udah gitu selesai, bingkainya distel lagi dan beres deh! Eh, bayar dulu dink.. baru beres ..hehe. Pas mau bayar gue sempet tawar2an lagi, gue bilang gue kan udah bawa temen gue.. jadi gue ni pelanggan yang baik :) ditambah lagi dimasa datang kalo ada temen2 gue yang perlu2 kacamata lagi gue berjanji akan tunjukin toko itu.. hehehe.. Lumayan lah, dikurangin lagi harganya. Cepet juga. Lebih lama pas milih2 bingkai rasanya.. ;)

Terus terang gue suka sama pelayanannya si toko kacamata ini. Yang pertama, harganya murah. Yang kedua, pelayannya asli baik banget, ditambah mereka tuh ngga 'memberi tatapan menghina' kalo kita bilang kemahalan atau nyari bingkai yang harganya murah; trus mereka juga tulus banget ketika ngasih pandangan tentang bingkai kacamata yang dipake, ngga asal yang mahal trus dia bilang bagus dan terlihat ngga boong, maksudnya kalo ngga sesuai ya dia bilang ga sesuai; juga mereka ini ngga marah walopun kita ngacak2 susunan bingkai2 yang sudah tersusun, bahkan nyoba sampe 20-an. Yang ketiga, prosesnya cepet.. kalo di optik besar umumnya perlu 2-3 hari utk pesan sementara disitu hanya 0.5 jam saja. Yang keempat, karna lokasinya di tempat yg banyak turisnya komunikasi lumayan lancar, minimal untuk hal2 yang berhubungan dengan kacamata. Yang kelima, ada kamera dua arah yang seru banget! hehehe

20 Comments

vaisal said:

hehehehe ngocol juge luh...! demen gw. ntar kalo ada ape-ape lg lu tulis lg ya...(gw nulis coment atawa sms ya...ko di singkat-singkat?)

boeya said:

klo butuh kacamata lagi hubungi aja saya, soalnya saya kerja di optik
hubungi aja (085216787367)

monjoey said:

uhhh... cerita km sama sama pengalaman ku hari minggu kemarin..... aku jg cari cari kacamata untuk itu dan harganya emang mahal baget....

minanube said:

pertama terimakasih, coz aku mau beli kaca mata untuk kupakai sendiri jadi setelah membaca blog ini gue jadi ngerti deh, he...
nanti kalo dapet pengalaman baru soal kaca mata atau kesehatan mata di tulis lagi ya! syukur2x dikrim ke emailku he3x, thanks....

credo said:

hehehe, jadi ikutan baca post ini krn aku lagi cari info ttg frame kacamata. Baru patah ni frame kacamataku..

Yudhi said:

Gw Lagi Nyari Kacamata murah tapi bagus di jakarta aja ada ga yah.

ular said:

gak ada komentar ya..

aini said:

wah syik jg ngebaca nye nih.kalau gw mukim di ina enak juga tuh pendapet nye..sayang gw kemarin udah bikin weleeeh mahal banget mak di arab.tapi udah terlanjur seh

KOBAR said:

klo maen ke jogja, mampir aja keoptik ku. jamin deh bakal banyak discount. Call me (0274)9276044. tenang deh,,, kasih harga mureh pokoknye.... :)

donny said:

asyik juga crita loe, tapi napa g loe bawah lebih kcmt dr sana n loe sale aja di indo

donny said:

sebenarnya klo mau barang murah ya di indonesia g cuma kcmat sampe softlens call 031-71657171. Jbu. Jehovah Jireh

Koran Saya said:

keren juga ya pakai cermin dua arah. Bentuknya bagaimana, apakah kameranya melekat pada cermin?

Prince said:

Gambarnya mana non? Bikin blog pake gambar dong biar enak liatnya dan lebih clear gitu. Masa mo bikin orang jadi pake kacamata juga. Kritik keras dari orang yang kamu tidak kenal. hehehehe...

ages jr said:

eh bagus banget tuh. gw jg kerja di optik nih. tapi sayang tempat kerja gue orang-orangnya pada bloon smw. gag taw model kali yaa (pagaralam) sumsel

reska said:

aku butuh info kacamata murah di bandung ada gak yah. Harga kacamata dari satu optik ke optik lain tuh jauh amat dan harganya gelap.

anisa said:

kacamata yg keren murah dan berkualitas di bdg di mana sich kasih info ya

manggala said:

dipekanbaru,kalau butuh kacamata murah n berkualitas hubungi aja.0761-7009771.
ada yang bermerek dan yang bergaransi.dijamin murah deh..tapi gak murahan...
melayani dengan senyuman

Asmoro edi said:

Kok jauh amat di bangkok.Aku butuh informasi kcmt murah di jakarta ada yg tau ga ya?Cz aku bth bgt yg anti refleksi sm UV protection.

glasessman said:

Hiiii...
pakabr neh
saya juga punya kondisi mata yg minus tinggi.
saya berharap kita bisa sharing informasi dan pengalaman seputar minus tinggi.
Email, YM dan FB aku : glasessman@yahoo.com
Makasih yah

bono said:

Klo mo nyari kaca mata murah di bandung, cek aja di jln cicendo, samping RS mata cicendo, masuk gang dikit, disitu murah2, bandingin aja dg yg laen....

Leave a comment

About this Entry

This page contains a single entry by published on May 30, 2003 10:31 AM.

Paspor saya ilang nih 2 was the previous entry in this blog.

Raja Setiap kali nonton film is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

Powered by Movable Type 4.01