Recently in Family Category

Komuter Jakarta-Bandung

| | Comments (10)

Selamat hari Blogger Nasional! 27 Oktober 2008.

Waktu yg tepat buat ngeblog lagi. Banyaakkk banget bahan yang sebetulnya ingin di dokumentasiin di blog, cuman.. berhubung terlau banyak penyaluran (forum, komunitas online, YM, dll) jadinya tersendat2. Kalo inget jaman dulu (2003 - red), belom ada friendster, facebook, multiply, dll.. kayanya bisa khusu deh ngeblog :)

Udah hampir 6 bulan ini, gue dan gaga resmi deh jadi komuter jakarta-bandung. Artinya tinggal di jakarta, kerja/sekolah di bandung. Senin subuh kita berangkat ke bandung, nyampe rumah ortu di bandung jam 8-an, siap2 lalu berangkat. Gaga ke taman bermain bunda ganesha. Gue ke kantor di prodi kelautan (KL) kampus ITB. Jarak sekolah gaga dan sekolah mama cuman 500 meter, jadi tenang rasanya nyekolahin gaga di sana.

Kalo Jumat ngga ada acara, kamis sore setelah mengajar KU1072, kami kembali ke Jakarta. Biasanya nyampe jakarta jam 6an sore, pas macet2nya yang pulang kantor, langsung jemput pakenda di kantornya. Makan malem dulu, trus baru deh pulang ke 'rumah badut' (sebutan gaga buat unit apt yang kita sewa) di daerah kuningan.

Yang ingin didokumentasiin kali ini, tentang perjalanan jakarta-bandung atau sebaliknya bandung-jakarta yang kami lakukan hampir setiap minggu.

Kalo inget dulu.. waktu belum ada tol Cipularang (Cikampek Purwakarta Padalarang), perlu waktu 3.5 - 4 jam untuk perjalanan bandung-jakarta. Itu kalo lewat puncak-tol jagorawi. Kalo lewat purwakarta-tol Cikampek, biasanya perlu waktu 3 - 3.5 jam.
Sekarang, kalo lewat Cipularang biasanya 2 jam sampe pintu tol pondok gede. Yang agak lama biasanya dr pondok gede ke dalem kotanya, hehe. Kalo mau bandel2 dikit, ambil bahu jalan.. bisa deh tu 1.5 jam nyampe :)

Selain dari segi waktu, dari segi fasilitas juga skr beda. Kalo jaman dulu, kita bisa pilih tempat makan di kota-kota (kecamatan) favorit: misal di cianjur, cipayung, puncak, cipanas, atau ciawi. Sedang sekarang untuk berhenti, hanya bisa di Tempat Istirahat (TI) atau Rest Area (RA) yang tersedia.

Udah gitu lokasi TI arah ke bandung atau arah ke jakarta juga macem2. Karena dengan kondisi jalan tol yang gak memungkinkan kita untuk berhenti di sisi kanan (yang berlawanan arah), TI sepanjang perjalanan jakarta ke bandung akan berbeda dengan TI sepanjang perjalanan bandung-jakarta.

TI di perjalanan ke bandung, bisa dikatakan lebih menarik dibanding sebaliknya. Ada beberapa 'hotspot' yang menjadi favorit pengguna jalan tol. Misalnya TI di km 19 atau yang lebih dikenal dengan 'starbuck' (karna ada starbuck di lingkungan TI tsb). Setiap gue kesana, selaluu.. rame. Fasilitas yang ada juga lengkap, ada deretan cafe dan resto, deretan atm, pompa bensin, dan tentunya toilet. Lalu TI di KM 57, yang mengklaim memiliki SPBU terbaik seindonesia :)
TI lainnya di sepanjang tol cikampek/purbalarang (selain KM 19 dan KM 57), ada di KM 39, dan KM 88. Ini yang gue sebutin yang besar2 aja (besar= ada pompa bensin). Selain yang disebut ada TI yang lebih kecil/sederhana, biasanya cuma ada toilet dan tempat makan aja. Yang kecil-kecil ini peninggalan jaman pra-pembangunan tol Cipularang. Beberapa udah kelihatan sepi, tapi masih ada juga yang rame. Dan biasanya yang parkir disitu, truk-truk atau mobil-mobil besar lainnya.

Sedang TI arah bandung-jakarta, urutan dr awal ada: KM 89, KM62 dan KM42. Ini yang besar2. TI lainnya yang agak kecil ada di KM 52 dan KM 32. Oh iya, kalo lewat tol pasteur, ada TI juga tuh begitu selesai ambil tiket di pintu tol pasteur.
Hotspotnya di KM 62, ancer2nya begitu keluar dari tol pulbarang masuk ke arealnya tol cikampek, gak berapa lama akan kelihatan tu TI KM 62.

Sebagai pengguna setia tol purbalarang-cikampek, tentu saja kami senang untuk mampir2 di TI ini. Apalagi perjalanan dengan anak kecil. Kalo engga minta berhenti pengen makan KFC (sebenernya sih, apapun ayam goreng tepung) atau pengen donat, atau ya pengen poo hehehe.. Kadang iseng pengen teh botol hehe.. untungnya di TI yang besar2 ini biasanya ada Alfa Mart.

Kesannya banyak kegiatan betul ya? Padahal sebetulnya waktu tempuh gak terlalu lama juga ya, sekitar 2 jam saja. Cuma, kadang suka bosan juga si anak kecil. Apalagi kalo sebelum berangkat udah kenyang tidur, jadi perlu hiburan.

Sebetulnya kabin bagian belakang mobil, udah disulap jadi singgasananya si bocah. Dikasi kasur, bantal, selimut dan mainan, biar dia bisa main-main atau tidur selama perjalanan. Awal2 memang ampuh sekali, tapi ya lama2 bosan juga sama singgasananya. Jadi kadang tetep aja, minta tidur di kursi depan atau kursi tengah.

Sebagai hiburan perjalanan, biasanya gue suruh gaga bacain petunjuk kilometer yang ada di jalur tengah. Jadi dia bakal bacain tu:
"Seven Zero.... Seven zero.. Lho kok seven zero lagi maaa..?" (harap maklum, anak gue masih dora dan diego minded, jadi ngitungnya bahasa inggris) hihihihi...

Kalo udah bosen, kita maen tebak2an isi bak truk "Yang itu isinya pasir kali ya maa... yang itu batu.." hehe.. sampai bosen.

Kalo bosen lagi, kita nyanyi2 sampe bosen lagi.. hehe.

Yang pasti dia bisa jadi navigator yang baik juga (untuk anak umur 3 tahun yee..), bisa disuruh2 nyalain radio atau ambilin kue.. hehe. Dan yang pasti suka ngingetin "Mama, kata aki ngga boleh ngebut. Ini ngebut ya ma? " hehehe. Ngga ngebut kok nak, tuh.. kita kesusul melulu

:)

While we were apart

| | Comments (15)

© seegee

Bangkok Part II
Siapa yang sangka ahirnya saat ini Gaga bakal bersama gue lagi di sini, di kampus AIT, Bangkok.
Lembaran cerita gue dan gaga di bangkok yang sudah ditutup April lalu, ternyata dibuka kembali.. hehe.
Yupe, sejak 28 Juli lalu, gaga kembali nemenin mamanya di Bangkok dengan diantar papanya.
Sementara papa enda, setelah merayakan ulang tahun ke-32 di bangkok sini, kembali ke Jakarta dan harus berpisah dengan kami.

Manusia memang hanya bisa berencana, tapi hanya Dia yang bisa menentukan.
Kalo Dia bilang begini, kita bisa apa.

Jadi ceritanya, pertengahan bulan Juli gue sudah kembali ke Bangkok. Dengan rencana, sekitar 2-3 minggu disini, masih bakal bolak balik aja ceritanya bandung-bangkok gitu. Tapi ternyata, banyak faktor yang membuat rencana kita berubah.
Faktor utama, gue dapet kerjaan yang susah ditolak disini. Bukan susah karna gajinya gede :P tapi karna emang susah ditolak aja.. hehe.
Faktor kedua, gaga ngga punya pengasuh di bandung. Kita sempet 2 kali ganti pengasuh, tapi ternyata memang belom jodohnya. Yang pertama chemistrynya kurang. Yang kedua, mendadak berhenti karna keluarganya sakit, hanya 3 hari sebelum gue ke bangkok Juli lalu.
Faktor ketiga, Atoknya gaga (bapanya enda) harus dirawat di Jakarta karena serangan virus di sistem syarafnya. Dengan kondisi ini, keberadaan gaga (yang biasanya ada di rumah mertua di bandung) tentu aja menyulitkan buat semuanya, apalagi Enda juga kerja di Jakarta.

Dan solusinya adalah menugaskan gaga kembali ke bangkok, nemenin mama selesaiin kerjaan sampe ahir tahun ini :) Jadi kita mencoba mengatur semuanya lagi deh. Gue yang tadinya kos (halo pak dan bu kos) jadi sewa unit untuk keluarga lagi deh. Nanny yang lama, Khun Sumali, juga udah siap menyambut kedatangan gaga, bahkan tanpa dibayar hehe. Beruntung semuanya berjalan lancar, rumah dapet.. nanny juga dapet. Gue bisa kerja lebih konsen deh..

Seminggu pertama, perlu adaptasi buat gaga. Di hari2 awal, dia masih suka nanyain papanya yang pergi sama om (pak supir taksi), naik pesawat pergi ke Jakarta. Dan masih sering nangis, bilang pengen ikut papa (yang kemudian tangisannya ini dijadikan senjata untuk meluluhkan hati gue untuk segala urusan :P ).
Trus sempat gak mau ditinggal hanya berdua (bertiga sebetulnya) sama Nanny nya. Suasananya juga yang berbeda. Kali ini gaga ceritanya nebeng di rumah baby Tio-nya Om Agus dan Tante Christine, karna Khun Sumali skr ngasuh Tio. Jadi sharing kun Sumali gitu lo.. bukan berbagi suami tapi berbagi sumali :)) garing
Untung semuanya udah lumayan stabil skr.

Jadi gitu update ceritanya.. hehe. Kami sedang berpisah ni, mama dan gaga di bangkok pisah sama papa di Jakarta. Gue yakin ini yang terbaik. Seperti hari ini ada kabar baik, Atok sudah ngga diopname lagi dan kembali ke Bandung, semoga segera kembali normal.

Hmm.. kalo waktu cuman sendirian disini, kerasa banget kangen setengah mampus sama Gaga, kangen ke enda yah.. sedikit2 ada lah. Sekarang gaga ada disini, baru deh kerasa kangen setengah mampus sama enda.. hehe. Tapi hal yang sama berlaku juga kali ya, pasti enda juga kangen bangettnya sama Gaga hehehe..

We miss you papa enda!
:)

The Fifth

| | Comments (26)

aniv-2005.jpg
photobox anniversary 2005, taun ini lagi? ;)

Bukan the fifth resto di MBK ..

Tapi Ulang Tahun Pernikahan kami yang ke-5! Aahh.. udah 5 tahun lalu aja ya, tanggal 11 bulan 11 jam 11 lebih 11 nya :)

Terima kasih ya nda...
Buat segenap cinta dan kasih sayang
Buat jadi temen, kekasih, suami dan papanya Gaga yang paling ganteng dan paling hebat sedunia..
Dan buat segalanya, se gala-gala nya

Semoga kita kompak selalu ya ;)

Chan Rak Khun.. hehehe...

Update-update..

| | Comments (17)

Udah 3 bulan terlantar juga blog ku.. hehehe.. Ngga blogwalking juga, soalnya kalo blogwalking mengingatkan kalo gue belom update2 blog. Ngga buka2 RSS blog di bloglines juga (kecuali baca RSSnya SCTV, huehehehe.. hauss gosiipp!), dengan alasan yang sama.

Padahal selama 3 bulan terakhir ini, banyaaak.. banyak, banyak yang pengen ditulis.

Minggu terahir Agustus 2006, enda kena serangan usus buntu (ruptured appendicitis). Huhuhu.. momen2 yang cukup bikin rambut gue rontok. Pertama kalinya gue liat si ganteng kesakitan seperti itu.. duh tidak deh! Malam menegangkan di UGD, operasi subuh, 6 malem di rumah sakit disambung seminggu pemulihan di rumah, akhirnya normal kembali. Disaat-saat begini, gue bersyukur punya temen2 yang sangat sangat sangat perhatian, dan juga anak kecil yang selalu memberi penghiburan. Makasih banget ya semuanyaaa...

Di saat-saat ini, beberapa kabar sempat gue terima. Kehadiran baby Alde buah hati Ninit & Adit. Selamat ya Nit.. Dit.. udah 2 bulan ya sekarang Alde, semoga selalu sehat dan menambah kebahagiaan ya.
Juga kabar sedih berpulangnya bunda zidan dan syifa. Teh Inong, selamat jalan yaa... semoga tenang dan mendapat tempat yang baik disana. Buat yang ditinggalkan, semoga selalu diberi kekuatan dan ketabahan, Amin.

Awal september, gue dan Gaga semi liburan ke Bandung. Berdua aja, ngga sama enda :( Tapi ya senang juga ketemu keluarga di Bandung/Jakarta, apalagi para kakek nenek yang udah pada kangen sama Gaga. Di bandung, gue sama Gaga sempet2nya ikutan jualan di pasar seni ITB 2006 dibawah bendera bangkok etc, hehehe... Senangnya.. ngerasain dagangan lariis.. hihi; ketemu banyak temen... termasuk temen2 dari milis ID Gmail, yang kayanya pada disuruh absen sama enda :P; Makan enakk.. asik deh nongkrong di pasar seni :D
Trus sempet ke Jakarta, ke kawinan Arief-Dhiti (nothing's perfect, enjoy your married life rief!) dan gatheringan forum indowpm. Termasuk ketemu calon adik iparku yang cantik dan ngerasain tinggal di apartemen Jakarta *thank you ya chiq!
Yang pasti selama 2 minggu di Indonesia, gue dan gaga tak terpisahkan! 24 jam sehari selalu bersama.. hehe. Makan krispy kreme, liat PIM 2, jalan di Ciwalk sambil nenteng2 donat J-Co (katanya keren banget :P), nongkrong di BSM, cuci mata di Sogo Bandung, liat Paskal Hypersquare, naek angkot, nyobain travel bdg-jkt-bdg by cititrans, gorengan, bakmi jogja, kupat tahu, batagor batagor batagor, dvd di kota kembang, naik kuda di jalan ganesha, tour de FO, apalagi ya? ;)
Sayang, ngga sempet kontak2 banyak temen, ngga sempet banyak nonton infotainment juga :P, ngga nonton penuh extravaganza (tora!), hhh.. stress juga 24 jam diikutin anak kecil terus, hihihi... Gaga susah makan siih.. trus belom percaya sama orang laen, kalopun maen sama yang laen tiap 5 menit musti cek dulu mamanya dimana :D
Foto-foto di Indonesia september kmaren ada di album flickr yang ini

Balik ke Bangkok lagi, langsung disambut bulan suci Ramadhan. Bulan Ramadhan gaga yang ke-2. Alhamdulillah lancar, cuman 1 kali kelewat sahur (itupun guenya lagi gak puasa.. hihihi.. ). Trus tahun ini menjelang lebaran, gue rada2 rajin :P Bikin kue kering dan masak lengkap. Semangat, lebaran kali ini Gaga udah bisa makan opor lontong, kastengel dan putri salju bikinan gue hehe.

Kabar Gaga.. sekarang tambah lincah, nakal eh.. kreatif :P, cerewet, tambah banyak makan, tambah banyak temen dan tambah asik aja :D Udah bisa nyanyi lo.. (ia ia o...) Udah seneng balapan lari sama anak cewe tetangga. Tambah pinter joget juga... kayak bapanya..hehehe :D Trus tambah kompak juga ama enda, mamanya dikacangin.
Sempet sakit, didiagnosa asma ama pak dokter, untungnya masih ringan.
Trus skr lagi sakit infeksi mata, ketularan temennya. Kesian, tampangnya kaya yang mo nangis terus.. cepet sembuh ya naaak...

Kabar gue.. hmm.. biasa aja, ngga sibuk juga. Malah lagi rajin nonton film korea hahahaha.. kacau. Buat kamu yang pengen mulai nonton film korea, bisa mulai dengan seri tv Sweet 18.. hehe, yang main Lee Dong Gun sama Han Ji Hye. Gara2 film korea ini, skr kalo jalan2 ke mall, gue jadi bisa lebih menghargai gaya2 anak sekarang yang emang korea banget.. :P Tadinya gue suka ngga abis pikir kalo liat gaya rambut cowo2 skr.. huehehehe

Gitu deh update-updatenya.. Semoga abis ini gue lancar ngeblog lagi yaaa.... :P

Selamat Idul Fitri 1427 H

| | Comments (10)

Foto-foto lebaran ada di gallery goblogmedia yang baru.

PS.
Maaf ya kelamaan (keenakan) ngga isi blog.
Segera kembali dengan cerita2 selama ngga ngeblog :D

30 + 1

| | Comments (19)
ENDA-31.jpg

Met ulang tahun ya papa enda

Semoga tambah keren ;)

Tercapai semua rencana dan cita-cita

Penuh cinta dari gaga & nita

4th Anniversary is Linen

| | Comments (14)

Selamat Ulang Tahun Perkawinan yang ke-4 ya nda..
Cenangnya, anniversary kali ini ada anggota baru yang ngerayain. Udah bisa ngeblog lagi hihihi...

Buat Gaga, makasih ya postingnya

Love you guyss..

1 Syawal 1426 H

| | Comments (19)

lebaran1426.jpgSelamat Hari Raya Idul Fitri ya teman-teman, om-tante, bapak-ibu sekalian.
Mohon maaf jika ada kesalahan.
Salah kata, salah komen, salah sambung, dan kesalahan-kesalahan lainnya.

Semoga dimaafkan yaa...

Enda, Nita, Gaga

Bulan Ramadhan taun ini akan segera berakhir. Ngga seperti tahun2 kemarin, tahun ini berbeda sekali. Soalnya ada Gaga. Jadi ini adalah bulan puasa pertama kita bareng anak.. hehe..

Banyak sih yang tanya "Gimana bulan puasa punya anak?"

Hehe.. jawabannya tentu bukan 'biasa aja tuh'.
Yang pasti, puasa kali ini gue lebih sering ngerasa laper dan lemes. ..hehehe.. Saking seringnya, gue rasa, Ramadhan ini gue hanya ngedapetin 'laper dan haus' aja. Semoga engga ya, semoga dapet pahala puasa juga, Amin.. Amin.

Kenapa jadi lebih sering ngerasa laper dan lemes?

Sebab pertama, karna sambil nyusuin. Alhamdulillah memang pasokan ASI ngga terganggu. Malah kadang berlimpah ruah. Kok bisa? Soalnya kalo bulan puasa gini, gue lebih konsen ngatur minum dan makan. Jadinya ya gitu, produksi asi malah berlimpah2.
Cuman ya nyusuin itu nyebabin gampang laper...hehehe. Ngga puasa aja habis nyusuin suka laper, apalagi habis nyusuin di siang2 bulan puasa... haussss deh. Untung kerjaan gue juga ngga yang kuli2 amat, jadi masih teratasi.

Sebab kedua, karna ada tambahan kerjaan. Abis bangun pagi, rentetan kerjaan sebelum ngantor lebih banyak dibanding tahun lalu waktu belom punya bayi. Selain bikin bekel buat buka enda, skr nambah harus bikin makan buat gaga, masak air panas, mandiin gaga, merah asi dan beresin tempat tidur. Dulu2 beresin tempat tidur suka dilewat kalo kesiangan :P, skr harus krn abis sarapan gaga biasanya bobo lagi.

Kesan selanjutnya, ramadhan ini kita selalu bangun untuk sahur. Meski beberapa kali sempet terlambat, tapi setidaknya masih sempet minum air putih atau bikin susu. Bukan yang kelewat blas, seperti tahun2 sebelumnya. Rekor tahun lalu: 9 kali ngga sahur, karna ketiduran.. hihihihi.
Mungkin karna efek nyusuin itu juga ya, jadi kebutuhan sahur lebih kuat.. hehe. Selain itu, kadang gaga juga ngebangunin pas jam sahur.

Yang berbeda lagi, tahun ini gue ngga bikin kue kering sebangsa kastengel dan putri salju. Ngga sempet deh aw.
Tapi hidangan lebaran seperti lontong, sayur, rendang, dll sih tetap dipersiapkan. Itung2 mempertahankan tradisi lebaran dalam rumah tangga, ceileee...hihihi. Trus kalo kata ibu2 laen sih, biar tambah disayang suami.. hihi, emang ngaruh ya nda?

Terahir, enaknya ramadhan ada bayi, ada yang nemenin buka. Biasanya kan sendiri aja, secara enda pun bukanya di kantor. Aciknya, buka puaca ditemenin gagaaa...

Jadi gitu ceritanya, kesan2 ramadhan pertama punya bayi..hehe.

About this Archive

This page is a archive of recent entries in the Family category.

Cerpen is the previous category.

Gaga is the next category.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

Powered by Movable Type 4.01