Simulasi Pergerakan Arus – Muara S. Cikandang

Daerah Kemungkinan (1) Posisi korban hasil simulasi arus di muara Ranca Buaya (klik untuk memperbesar)

 

Daerah Kemungkinan (2) Posisi korban hasil simulasi arus di muara Ranca Buaya (klik untuk memperbesar)

 

Subuh tadi, tersiar kabar bahwa Angelina Yofanka, salah satu mahasiswi terbaik T. Kelautan, hanyut di S. Cikandang. Fanka bersama-sama kawannya di KMPA ITB dan beberapa kumpulan pecinta alam lain, melakukan kegiatan arung jeram, pada hari minggu 5 Feb 2012 kemarin.  Sekitar pukul 14.00 perahu yang dinaiki Fanka terbalik, beberapa orang jatuh, dan hanyut di S. Cikandang yang arusnya saat itu deras.

Tim SAR dari beberapa instansi telah bergerak melakukan penyisiran dan pencarian korban (salah satunya @MahitalaUnpar ). Jika korban tidak ditemukan di pesisir sungai kemungkinan akan terbawa ke muara sungai.

Sungai Cikandang bermuara ke Ranca Buaya di Samudera Hindia. Berdasarkan simulasi arus + angin dengan menggunakan model numerik, Dr. Muslim Muin (dosen T. Kelautan) melakukan perkiraan posisi korban JIKA mencapai muara. Dengan kondisi angin Barat dan arus, diperkirakan akan menuju Timur. Simulasi ini tidak mungkin akurat dan tidak bisa dijadikan acuan, tapi mungkin dapat dijadikan panduan bagi tim SAR yang masih melakukan pencarian.

Muara Ranca Buaya, dinotasikan dengan warna hitam, dan warna-warna pd legenda menunjukan posisi korban dalam satuan waktu hari sejak korban terbawa ke muara. Ada 2 kemungkinan yang dimodelkan, hasilnya dapat dilihat pada gambar-gambar diatas.

 

About nita

Nama saya Nita Yuanita

Subscribe to Enda Nasution's Blog

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Leave a Reply