Yay Bali!

Senangnyaa… pertengahan desember lalu sempet ke bali sama Gaga dan Enda.. Senangnya berlibur hehe.. Menjelang keberangkatan sempet yang nervous, takut ada hal2 yang mengganggu dan merusak rencana ke Bali. Gimana engga, seminggu sebelumnya Gaga demam lagi.. Gue sempet agak2 down gimana gitu.. bete berat lah. Dia makan cukup, jauh lebih banyak semenjak abis sakit demam berdarah. Minum vitamin juga. Tapi tetep aja kena virus atau bakteri.. :(
Yang bikin betenya lagi, karna dia sakit gue jadi skip beberapa acara kampus yang udah gue rencanain berminggu2 untuk dateng :( Termasuk seminar lepas pantai Oceanovolution
Nah intinya karna baru berpengalaman ‘rencana yang tak berjalan mulus’.. jadi agak2 takut juga.. kalo rencana ke Bali bakal rusak akan sesuatu hal.
Dan mungkin seperti hukum murphy yang bilang “Anything that can go wrong will go wrong”, buat gue diterjemahkan menjadi: ‘Kalo kita takut sesuatu yang ngga enak terjadi, bisa2 malah kejadian’ Walopun untungnya, yang terjadi ngga gimana2 banget hehehe.. Yaitu: Gue masuk angin! :P
Sebel deh. Gue paling jarang sakit belakangan, ngga pernah masuk angin sejak lama. Ternyata pas di Bali malah masuk angin aja gitu. dan cukup berat rasanya. Kalo hamil sih ngga masalah kali ya.. hehe…
Masuk angin ini pemicunya dari keujanan pas di jakarta sebelum ke bandara. Udah gitu boarding room nya penuh sesak dan dingin edan. Mana delay 40 menit. Jadinya gitu deh.. baju agak basah, kering di badan dengan AC. Udah gitu si gaga seperti biasa maceuh, jadinya agak2 terpusing2 gitu deh nemenin ni anak.
Sampe bali, gue udah mau oek oek aja deh.. tapi ya gitu, enakan dikit.. langsung nonkrong pinggir pantai Kuta sampai malam.. haha. Ya anginnya nambah yak?:P
Malemnya ngga minum obat, berharap dengan tidur cukup, taunya booo… bangun2 kepala tetep berat. Dan yang pasti perut isinya angin semuaa.. kerubuk2 ngga jelas. Kesiksa dehhh.
Tapi ya dengan semangat ngga pengen mengacaukan liburan, tetap jalan deh!
So here it is.. just small note from our trip.
Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park. Magnificent I should say! Sebetulnya belum jadi, masih 20% dari seharusnya. Tapi kebayang kalo udah jadi bakal kerennn kali ya. Di GWK ini ada taman besoar, dengan dinding2 bak gunung karang ditengahnya.. sepertinya berasal dari gunung karang yang di papas ya.. jadi tembok2 yang keren banget. Plazanya luas dan besar.. kebayang kalo ada acara2 musik atau kegembiraan lainnya bakal seru.
Trus ada patung dewa wisnu dan garuda yang masih setengah jadi disana. Harusnya ntar jadi patung wisnu yang mengendarai burung garuda, tapi saat ini masih dibangun terpisah2. Katanya sih masalah dana ya, kena badai krismon. Kebayang kalo udah jadi, seperti patung raksasa! Oya, seniman yang bikin patung2 ini pak Nyoman Nuarta. Ngerjainnya malah di bandung. Makanya ngga heran, kalo kantin-kantin di sana isinya makanan bandung semua: cendol bandung, siomay bandung, mie bandung, semuanya serba banduung :)



Klapa Entertainment at pantai Dreamland

Masih di jalan yang sama dengan GWK (jl. Raya Uluwatu), lanjut ke arah selatan. Adanya di kompleks Pecatu Indah Resort, yang katanya punya om Tomy Soeharto. Kaya memasuki komplek perumahan besar semacam bintaro gitu, cuman bedanya masih belom banyak bangunannya hehe.. jalan nya lebar, di kiri kanan bukit pasir, gersang dan berbukit2 gitu.
Ikutin arah yang ke ‘Klapa Entertainment’, setelah sekitar 3 km ketemu jalan ke kiri (dimana ada gerbang penjaga parkirnya) itu adalah jalan masuk ke pantai nya aka Pantai dreamland. Jalan ke kiri setelah itu ada plang kecil “Klapa entertainment”nya, masuk situ untuk menuju resto Klapa ini. Halaman parkirnya luas.. banyak bis dan mobil2 kalo menjelang sunset. Dari halaman parkir ini ada jalan bertangga2 juga menuju pantai dreamland. Menuju Klapa Entertainment, tinggal masuk lewat pintu depannya. Ada penjaga keamanan disitu yang bakal periksa isi tas kita terlebih dahulu. Ngga boleh bawa makanan dari luar, kalo ketahuan.. disuruh taro mobil atau dititipin pak Satpam. Ketat deh pokonya.
Lewat penjaga, melewati lorong remang2 dengan dekorasi minimalis eksotis (hihihi..) dengan musik ajep2 lamat2 (apa gue aja yang berhalusinasi ya, wakakaka), berasa mau ngedugem aja nih.. hehehe. Di ujung lorong jreeeng.. ada ruang terang berjendela besar menghadap laut. Wow.. cantik banget.
Belum ada penerima tamu disitu, sepi dan keueung kesannya, ada sebuah cermin besoar (ladies.. silaken ngaca dulu disitu hehe), rak-rak pajang bermacam2 brosur/kartupos pariwisata di Bali dan monitor LCD yg menayangkan film objek wisata di Indonesia. Dari situ, lewat tangga menuju bawah dan akhirnya ada yang menyambut. Selamat Datang di Klapa Entertainment!
Reception nya di sebuah ruangan yang terbuka, menuju 2 lokasi resto yang sama2 menghadap pantai. Diantara kedua resto ini terdapat taman dimana ada kolam renang yang (seakan-akan) berbatasan dengan laut, cantik banget. Dilengkapi kursi2 malas buat berjemur.
Resto yang satu menyajikan makanan jepang yang satunya makanan indonesia. Favorit kami, deretan sofa di daerah resto Jepang. Mungkin karena dua kali kesono, disitu doang yang kosong hahaha.. Untuk pesan makanan bisa ke resto yang mana aja, jadi ngga terbatas pesen menu Jepang kalopun duduk di area resto jepangnya.


Pemandangan ke pantai sangat jelas. Cantik banget! huhuhuhu… Sofa rotannya lebar dan banyak bantal, terutama untuk yang lagi masuk angin hehe.. mmm..yummy banget deh! hehehe. Makanan jepangnya lumayan enak juga. Favorit gaga nasi + ayam jepang alias chicken teriyaki. Nasinya kurang pulen seperti nasi2 jepang yang biasanya pulen dan lengket. Harganya lumayan, ya.. kalo di jakarta mirip2 dengan shabu tei gitu kali ya. Satu porsi chicken teriyaki gitu, sekitar 40 ribu, bisa lah makan berdua mama dan anaknya hehehe.
Kalo anak2 mau berenang atau mama2 mau berjemur sambil baca buku atau bobo silakan menuju area kolam renang dan jemur2an hehe. Dua kali ngunjungin klapa ini, kondisigue sama buruknya :P sama2 masuk angin berat dan pengen muntah2 gitu. Jadi waktu kesempatan pertama kita cuma makan siang lalu gaga dan enda turun nyusur pantai dan ngerasain air dreamland hehehe..
Kesempatan kedua, lebih niat.. mau nongkrong agak lama di pantai setelah makan siang. Bawa perlengkapan perang, seperti kain bali (siapa tau ngga ada kursi yang bisa disewa), ember buat bikin istana pasir dan baju renang. Di pantai ada yang sewa2in kursi dan payung buat berjemur. Harganya 25 ribu saja sampe bosen. Lalu sewa surf board, 25 ribu juga sampe bosen. Ada mbok2 yang nwarain pijet, gue rasa dengan harga 25 ribu juga hehehe. Ada cafenya juga dibawah, jadi bisa pesan2 minumam. Lalu ada apalagi ya.. kios2 yang jual kain2 bali dan perlengkapan pantai lainnya.
Gelombang di pantai dreamland termasuk besar yaa. gelombang pecahnya termasuk tipe plunging makanya bisa dinaiki oleh para surfer dengan menggunakan surfing board :)
Langitnya sangat bersih, biruu..pasir pantainya putih bersih.. konfirgurasi karang di sekitarnya membuat spotnya bener2 keren dan menakjubkan deh si dreamland ini.
Dan karena menghadap Barat, makanya dreamland salah satu spot yang terkenal untuk lihat sunset. Dari jam 4-an sore pantai ini udah penuh kaya pasar. Termasuknya gak panjang juga sih pantai dreamland ini.. sekitar 2 km aja, kesananya udah karang2.
Gue denger banyak orang2 yang sudah ‘muak’ karena dreamland udah bukan ‘pantai rahasia’ lagi.. it isn’t a nude beach yang cuman diketahui segelintir orang lagi.. Tapi buat gue sih, mendingan rame gini, jadi kan infrastrukturnya lebih jelas.. ada Klapa dimana anak kecil bisa makan dengan enak dan oma opa bisa menikmati indahnya dreamland tanpa harus menuh2in pantai hihihi

Pas di dreamland ini, enda sempet ngalamin surfing accident tu :P hehehe.. bwahaha.. pada saat maen di air agak2 ke tengah, naik si surfer board sewaan. Tapi ya namanya juga amatir, baru2 aja menjemput gelombang, langsung kena hantam gelombang 2 kali, jadinya nyuksruk mukanya ke dasar laut. Mata merah, idung asin, pipi lebam deh.. kacian cowo gantengkuuu..
Sunset biasanya sekitar 6.12 waktu Bali (kata bli2 yang jaga pantai). Tapi, tertutup awan.. jadi cuman liat awan kemerahan aja deh.. ngga liat sunset benerannya. Sekitar jam 6.20, penjaga pantai meniup peluit priiitttt.. semua orang harus keluar dari air karena gelombang akan lebih besar lagi dan berpotensi nyeret apapun yang ada di air ke tengah. Karena udah ngga boleh masuk air..dan tukang kursi udah mau beres2in kursi sewaan, akhrinya kita beres2 barang dan jalan2 ke arah utara pantai. Ada orang2 yang lagi foto2 pre wed bo ternyata.. emang indah banget sih langit dan pertemuan nya dengan laut di dreamland. Allahu akbar.


Jam 7 mulai kerasa gelap beneran, kita jalan naik ke arah tempat parkir.. lumayan cape juga bo.. nanjak dan nanjak terus.. hehe. Yang paling mengagumkan si gaga anak pantai dan anak kuli hehe.. dia bisa aja lari tu mendaki tangga.. sementara mama papanya hah heh hoh dibelakang wakakaka. Padahal seharian dia yang lari2 kesana kemari ngga ada berenti. Keren deh kamu nak!
Oya di dreamland toilet dan shower cukup banyak lah.. jadi sebelum naik bisa lah bersih2 dulu minimal biar pasirnya pada hilang. Bayarnya 10 ribu.
I heart Dreamland!
Pura Uluwatu

Selanjutnya pura Uluwatu yang menurut kabar adalah point paling selatan di Bali. Tapi kalo dilihat dr peta sih ngga selatan2 amat.. hehe. Lokasinya lumayan mudah dicapai, kurang lebih 20 menit dari dreamland ke arah Selatan.
Masuk area uluwatu, parkiran + 2 orang dewasa sekitar 50 ribu bayarnya. Di lapangan parkirnya ada kios2 penjual makanan dan minuman, juga souvenir2 kaya topi dan kain2. Beli karcis lagi di dalem, 2 ribu saja, lalu kita dipinjemin sabuk kain dan kain panjang untuk yang pake celana pendek. Memang begitulah dress codenya, kudu tertutup sampe betis dan pake iket pinggang.
Sebelum masuk area taman uluwatunya, diingatkan bakal banyak monyet jadi hati2 dengan ikat rambut, topi, kacamata, hp, dan perentis2 lainnya. Diminta masukin tas semua. Sebelum masuk ada yang jual kacang dan pisang, kali2 ada yang mau kasih makan monyet. Gaga tentu dengan semangat mau doong hehe..
Jalan awalnya menurun.. jadi senang deh jalannya, ngga cape. Tapi begitu mau masuk ke puranya, baru deh rangkaian anak tangga naik. Di jalan mulai deh keliatan monyet2 menyambut hehehe.
Gaga tadinya sempet takut karena disamperin monyet yang minta pisangnya. Tapi lama2 dia malah cs sama monyet2 itu. Tapi dia tetep takut kalo dipegang2 sama si monyet, maunya dia aja yang megang :)
Pemandangan dari puranya, magnificent! Kita bisa lihat ke arah laut, dimana keliatan gelombang besar dan buih2 ombak menghantam gunung karang yang kehitaman. Bener bener luar biasa deh rasanya. Suara deburan ombaknya juga keras banget.. menambah kekhasan atmosfir di Pura uluwatu ini.
Setelah puas menikmatipemandangan dr atas pura uluwatu ini, gaga keukeuh pengen main sama monyet2 dulu.. hihihi.



Pantai Padang-Padang
Nah.. ini dia pantai yang katanya lagi naik daun, lokasinya ngga jauh dr Pura Uluwatu. Jadi begitu akan memasuki gerbang Pura Uluwatu, ada jalan ke kanan.. nah itu menuju 2 pantai yang katanya lagi ‘hot’. Yaitu pantai Labuhan Sait dan Pantai Padang-padang. Pantai Labuhan Sait, lebih diperuntukkan buat yang doyan surfing. Sedang pantai padang-padang lebih tenang perairannya.
Menuju pantai padang-padang, ada tempat parkir yang cukup luas. Tapi agak sepi, ngga seramai dreamland, ngga ada bis-bis besar. Ancer2 nya ada jembatan di jalan, setelah itu sebelah kanan ada area parkir ini. Petunjuknya memang ngga begitu jelas, harus bener2 pasang mata. Dari situ kita harus jalan kaki menuju pantainya yang masih jauuuh dibawah. Ngelewatin anak tangga menurun yang curaaammm deh booo… Salah satu bagian, ada semacam gua (cave) nya gitu.. hihi.. a bit spooky at the first glance. Tapi menurut gaga sih, cool! Gaga super excited, dia udah bawa ember, yang kemudian lumayan bermanfaat karna di padang2 ngga ada kamar mandi wakakaka…

Keluar dari gua itu, muncullah kita di pantai padang-padang. Pantainya lebih sepi dr dreamland. Seperti gue bilang: Ngga ada wc! Kalo mau kencing ke laut aja pak wakakaka.. ada lapak2 yang jualan aqua dan snack lainnya. Trus ada juga mbok2 yang jualan kaos dan kain2.. udah itu tok. Selebihnya para turis bule yang asik berjemur dan berenang. Suasana lebih tenang.

Gelar2 kain, cowo2 buka baju.. beres2 in tas, dan tidur siang lah gue :P huehehehe.. Bangun2 udah menjelang jam 6, pantai kerasa semakin sepi. Mungkin tinggal ber 15 deh termasuk kita. Sunset tetep ngga dapet disitu, sembunyi di balik awan.
Gaga heboh bikin benteng dan menghiasnya dengan seaweed yang banyak di pinggiran pantai. Happy banget deh tu anak. Pantai padang-padang paling keren! hahaha…
Tadinya dia ngga mau pulang, karna ntar benteng seaweednya ngga ada yang jaga :P Setelah diyakinkan bahwa para kepiting akan jaga bentengnya, baru deh mau pulang :D
Menjelang gelap, kita beres2 deh.. menanjak ke atas. Sampe di atas, diajakin bli2 nonton tari kecak dan api. Ya udah deh, kapan lagi.. sambil sekalian bersih2in kaki dari pasir.. kita duduk2 dulu nonton kecak dance. Baru nih gue nonton kecak.. huehehehe. Lumayan lah, ada ceritanya.. jadi gaga juga bisa enjoy karna diterangin ceritanya. Ada Rama, Sita, Kijang Emas, Rahwana, Hanoman, dll. Sedikit heboh saat ada tari api itu, api beterbangan kesana kemari.. untung semuanya sudah terkendali para bli2 disitu hehe.

Kuta, Aston Inn Tuban dan Bandara Ngurah Rai
Pertama sampe bandara Ngurah Rai Bali, berasa panas banget.. hehe. Terakhir gue ke bali udah jaman penjajahan jepang dulu kali ya.. hehe. Tapi perasaan skr lebih jelek dibanding dulu. Paling yang beda, di depan udah banyak restoran.. ada roti boy, KFC trus solaria. Ada toko souvenir yang cukup besar juga buat late-shopping :P hehe. Waktu sampe, dijemput enda dengan mobil pinjeman, Thanks to Kang Udith, Teh Lia dan Mas Agung. Jadi aman. Langsung ke hotel di Aston Inn Tuban.
Kalo ke arah Kuta, Aston Inn ini sebelum nyampe area Kuta.. jadi relatif lebih cepet dan ngga kena macet kalo dari arah Bandara. Hotelnya bintang tiga deh, standar aston. Letaknya emang gak strategi di tengah keramaian Kuta, dia ada di jalan Kediri yang ada di jalan raya Tuban. Jalan Raya Tuban itu yang ada Bali Duty Free, Joger dan apa lagi ya.. hehe.. Di sekelilingnya bukan spot turis, kiri kanannya ada tempat makan mie, seberangnya toko baju dan makanan padang, pokonya di daerah yang biasa2 aja deh hehehe. Menguntungkan dari sisi kalo mau balik ke airport, ngga akan lama kena macet.

Seperti halnya hotel2 lain di Bali (yang katanya tingginya ngga boleh melebihi pohon kelapa, kecuali Bali Beach) hotel ini cuman ada 3 tingkat. Kamar2 mengelilingi pool yang lumayan nyaman dan terasanya selalu teduh hehe..Yang enak buat gue, kmaren pas kita dapet kamarnya di lantai dasar. Banyak yang gak suka katanya, karna relatif lebih rame kali ya.. mana kamar kita persis di deket area sarapan. Jadi kalo pagi2, ya rame aja gitu.. Tapi ya buat gue sih menguntungkan aja.. bisa langsung ucluk2 sarapan dari kamar hehehe. Trus kalo di lantai dasar, artinya pinggiran kolam renang. Menguntungkan juga, karena jadinya kalo gaga renang ngga usah riweuh nunggu jauh2.
Malem pertama sampe, kita langsung nongkrong di Kuta. Parkir di Discovery Mall. Discovery Mall ini asli kaya mall2 di Jakarta ya.. mewah dan toko2nya branded aja gituh semua. Somehow mengingatkan gue sama Istana Plaza di Bandung hehe. Di belakang discovery mall, langsung deh pantai Kuta. Jadi sore pertama dateng, abis makan KFC (maklum anak kecil maunya KFC), kita menghabiskan waktu duduk2 dipantai belakang discovery mall ini. Pas di belakang (eh atau depan ya? ) restaurant Ocean 27. Enda sempet nanya, kenapa kok namanya ”Ocean 27”, dan jawabannya: ”Kalo Ocean ya karena di pinggir ocean alias laut. Sedang 27 nya karena dibuka pas tanggal 27” hihihi… Kalo pertanyaannya kenapa tanggal 27, mungkin jawabannya karena namanya Ocean 27. Ayam Telor deh, wakaka.

Di sepanjang pantai situ, ada lampu2 sorot.. jadi lumayan.. ngga gelap2 amat. Dan numpang musik dari resto sekitar situ, cukup ajep deh buat nongkrong sementara anak kecil belingsatan lari kesana kemari liat pasir dan laut :P hehehe.
Selanjutnya tiap malem sebelum balik hotel kita puter2 daerah Kuta-Legian-seminyak.. merasakan atmosfir keturisan di Bali hehehe.. sambil ngetes posisis dr GPS HP hehe.. Emang bermanfaat banget tu GPS dari hp, selain peta jadi bisa buat mengkonfirmasi keberadaan kita di Bali. Oh bentar lagi, ada belokan menuju Klapa dreamland. Oh daerah ini namanya Ungasan. Habis perempatan ini belok kiri sampe deh ke kuta lagi. Dll.
Trip kmaren judulnya sih sama sekali bukan wisata kuliner. Boro2 makanan bali, yang ada malah 3 kali makan di resto jepang =)) berturut2 pula. Ada satu rekomendasi resto jepang: Ryoshi di Seminyak. Happening dan rame banget deh, pantesan aja.. soalnya makanannya orisinil(kata gue ya =)) ) dan pas aja gitu… Kita kesana pun atas rekomendasi dan traktiran Mas Agung dan Teh Lia.. hehe.. nuhun nya akang teteh.
Udah situ krn guenya masuk angin, boro2 enak makan. Jadi definitely not a culinary trip hehehe…
Dan bukan juga wisata belanja. Satu2nya acara belanja, cuman last minute shopping di tempat souvenir di depan Joger. Belanjaan oleh2 standar aja sih: kaos, tas anyaman gede ala jeng kelin hihihi, kacang2an, pia bali, dan lulur sekar jagat. Mungkin kalo mau ngulik, cari2 asesoris unik harus niat sih.. jalan2 ke toko2 cantik sepanjang Kuta-Legian-Seminyak atau sekalian ke Pasar Sukowati ya.
Judulnya mungkin lebih ke wisata pantai dan menyenangkan anak hehehe… ada beberapa pantai inceran kita next time ke bali, yaitu pantai lovina yang katanya bisa liat lumba2 dan pantai2 di daerah timur.. macam Nusa Dua, Sanur dan Tanjung Benoa alias The sunrise beaches.
To wrap our experience to Bali this time, i have to say I heart Bali and we are (really) looking forward to visit Bali again in the near future(tapi bukan kerja ya.. hehehe).

About nita

Nama saya Nita Yuanita

Subscribe to Enda Nasution's Blog

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

12 Responses to Yay Bali!

  1. didut 11/01/2010 at 13:18 #

    BTW si kecil udh gede ya mbak sekarang hehehehe~

  2. novi-bundanya Hamad 12/01/2010 at 16:26 #

    salam kenal mbak Nita :-)
    cerita liburan ke pantai2 di Bali seru banget jadi pengen…kelihatan difoto yg paling senang Gaga ya?

  3. aprian 30/01/2010 at 13:19 #

    Wahh ke bali ya teh, sayang gak bersua hehehe.
    Pantai padang-padang aku malah belum pernah, kayaknya musti main2 kesana deh hehehe.
    Di deket ocean27 club itu ada panggung, suka ada live music dsana. Jadi sambil liat sunset, sambil dengerin live music. Konsepnya si tak pikir pengen kayak kudeta gitu.
    Ryoshi mah megang banget deh!! … hehehe :D . Deket aston tuban sebenarnya ada masakan khas bali, yaitu ayam betutu gilimanuk. Itu juga enak teh. Kapan2 cobain deh .. :)

  4. tiwi 09/02/2010 at 13:09 #

    hekekeke, teh nita…
    biasanya ke sini blom ada update. ehhh, sekalinya ada, puanjang poll !!
    kangen nih !!

  5. Grandi Yusuf 06/04/2010 at 16:10 #

    wah bagus bgd mba foto2nya… coba ke pantai eco beach… bagus juga dsana… salam kenal dari blogger di Bali… :) Grandi

  6. Grandi Yusuf 06/04/2010 at 16:11 #

    wah bagus bgd mba foto2nya… coba ke pantai eco beach… bagus juga dsana… salam kenal dari blogger di Bali… :) Grandi

  7. Yuria 22/06/2010 at 22:51 #

    mbak, mau nanya donk kalo liat pertunjukan tari kecak dan apinya itu dimana ya??
    saya mau ke Bali liburan ini.
    trims :)

  8. Surawit 19/07/2010 at 13:21 #

    I can not read Indonesia language, but I feel that you have a happines with family and travel.
    Have you been in Thailand? I got your story by chance and I also interest to have new friend every day. If you can teach me to speak in Indonesia language, next time may be I can read your good story.
    Let talk to you again if we have a chain infuture. Thank you
    surawit.sd@hotmail.com
    new friend from Thailand

  9. Tira 29/07/2010 at 00:54 #

    wah asyik ya :) salam kenal

  10. eageheastut 25/09/2010 at 18:12 #

    I found this blog. This post VERY interesting.

  11. roi 11/05/2011 at 17:33 #

    iiihhhh ada foto Enda telanjang dada……
    enaknya liburan ke Bali

  12. noped 18/06/2011 at 08:27 #

    Gak rugi pokok nya kalo ke bali….. surga banget deh, hehee..

    Salam
    @noped kuta bali

Leave a Reply